sUuEUHZDAnQE3BQEVuLEQxdQyEWaSh1hwhgC75Ld

Khasiat Coklat Bagi Kesehatan


COKLAT

Selain rasanya enak ternyata coklat mempunya banyak khasiat untuk kesehatan. Banyak orang yang mengaitkan antara mengkonsumsi coklat dengan kerusakan gigi dan obesitas. Sebenarnya yang mengakibatkan dan kerusakan gigi bukanlah karena coklatnya, tetpai karena zat gula yang ada pada coklat tersebut. Lalu apa sih khasiat coklat untuk kesehatan ?

Khasiat coklat bagi kesehatan diantaranya :

1. Menurunkan Tekanana Darah dan Kolesterol

coklat merupakan makanan yang mempunyai senyawa yang bermanfat untuk merilekskan syaraf-syaraf yang tegang karena stress. Dengan mengkonsumsi coklat maka perasaan seseorang akan menjadi lebih tenang atau rileks, oleh sebab itu dengan mengkonsumsi coklat bisa mengendalikan tekanan darah .
Dark chocolate telah ditunjukkan dalam suatu penelitian untuk menurunkan tekanan darah pada orang penderita hipertensi. Dengan makan coklat hitam secara terus menerus dan teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 10 persen.
 

2. Mengandung Antioksidan Yang Tinggi

berdasarkan hasil riset ternyata didalam coklat terdapat flavanol, sejenis flavanoid yang ditemukan dalam coklat. Flavanoid merupakan senyawa yang terbentuk secara alamiah dalam makanan nabati dan berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

3. Mengandung Anti-Depresi

Hasil studi juga menunjukan bahwa didalam coklat terdapat serotonin alami yang merupakan anti-depresan. Dengan mengkonsumsi Cokelat juga dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan enzim endorfin, yang berperan dalam menciptakan perasaan bahagia dan senang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pencairan cokelat di mulut menimbulkan perasaan senang lebih lama. Jadi ketika anda dalam keadaan tertekan atau stress luangkanlah waktu untuk menikmati coklat.

4. Mencegah Kerusakan Gigi

Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa dengan mengkonsumsi coklat itu bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. sesungguhnya yang menyebabkan kerusakan pada gigi bukanlah coklatnya tetapi gula yang dikandung pada penganan coklat. Jadi memakan coklat tetaplah aman bagi gigi asalkan disiplin gosok gigi. Hasil riset telah membuktikan bahwa didalam cokelat terdapat senyawa theobromine yang bisa menanggulangi kerusakan gigi dengan membunuh bakteri streptokokus mutans, yaitu bakteri yang mempunyai peran dalam kerusakan gigi pada rongga mulut. Jadi siapa bilang coklat berbahaya? justru coklat bermanfaat untuk kesehatan gigi.

5. Membuat Panjang Usia

Hasil riset yang dilaksanakan di Belanda yang menyertakan 200 pria di atas 20 tahun, menunjukan bahwa para pria yang memakan sejumlah besar coklat, baik itu berupa milk chocolate dan dark coklat, umurnya lebih lama serta menurunkan tingkat resiko terkena penyakit. Berdasarkan studi tersebut ditemukan bahwa coklat mengandung senyawa yang mampu menunda penuaan. Konsumsi coklat secara teratur bisa menghilangkan keriput dan memproteksi kulit dari terbakar sinar matahari.
Seorang nenek yang mempunyai nama Jeanne Louise Calment merupakan orang tertua didunia dengan umur panjang yang hidup mencapai usia 122 mendukung hasil dari riset di Belanda tersebut. Dia memiliki resep rahasia panjang umur, yaitu dengan memakan dark chocolate sebanyak 2,5 pon dalam satu minggu.

Itulah sebagian dari khasiat coklat untuk kesehatan,dan masih banyak kegunaan lain yang bisa didapat dari coklat yang belum digali.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar