sUuEUHZDAnQE3BQEVuLEQxdQyEWaSh1hwhgC75Ld

Khasiat Pinang Bagi Kesehatan

Buah-buahan selalu menjadi sumber gisi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ada beraneka ragam buah-buahan dengan berbagai macam pula kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik sebagai obat herbal bagi kesehatan tubuh manusia. Berbagai jenis buah yang biasanya dikenal oleh masyarakat adalah pisang, semangka,jeruk, melon,anggur, dll. Tetapi, masih banyak jenis buah yang belum diketahui oleh masyarakat dan memiliki banyak khasiat kesehatan diantaranya adalah, buah pinang. Buah yang tumbuh dikawasan Pasifik ini memiliki banyak khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, buah dari tanaman obat ini juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara seperti sebagai camilan, makan, atau minum,. Berikut ini beberapa khasiat minum buah pinang yang belum diketahui oleh banyak orang.

Mengatasi pendarahan

Buah pinang sendiri mempunyai komposisi banyak senyawa dan zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. pinang tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang biasanya diderita pada setiap manusia seperti masalah pendarahan. Senyawa Choline pada buah pinang bisa menyembuhkan pendarahan pada setiap orang.

Membasmi cacing pita

Senyawa arecoline pada buah pinang sangat berkhasiat untuk membasmi cacing pita. Cacing pita sendiri dapat menimbulkan masalah buruk pada kesehatan manusia. Tidak hanya pada manusia, cacing pita juga dapat menimbulkan masalah kesehatan pada hewan unggas atau ternak. Karena itu, buah pinang sangat berkhasiat untuk mengusir cacing pita.

Bahan pewarna alami

Buah pinang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami yang disebut dengan bahan pewarna serat. Hal ini menjadi solusi yang sangat baik untuk memberikan warna alami buah pada setiap makanan sehingga makanan yang kita konsumsi termasuk makanan yang sehat.

Mencegah sariawan, dan menguatkan gusi

Khasiat minum buah pinang yang lain adalah dapat meningkatkan kesehatan mulut terutama kesehatan gusi dan melindungi mulut dari beberapa penyakit mulut seperti sariawan , gusi pecah yang sangat menganggu setiap orang.

Mengatasi Ejakulasi Dini

Biji pinang mempunyai rasa pahit itu mengandung alkoloida seperti arekolina (arecoline) dan arekaina (arecaine) yang bersifat racun dan adiktif. Beberapa jenis pinang akan menimbulkan rasa pening apabila dimakan. Beberapa senyawa penting pada buah pinang antara lain adalah guvacoline, arecolidine, arecaidine, guracine dan beberapa unsur lainnya. Dari zat inilah biji pinang bisa mengatasi ejakulasi dini.

Sakit pinggang

Petik beberapa lembar daun pinang. Tumbuk atau blender daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang sudah ditumbuk atau diblender diborehkan di tempat yang sakit.

Kudis

Parut satu biji buah pinang, ditambah dengan ¼ sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Borehkan di bagian yang sakit.

 Difteri

Ambil dua biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air sampai tersisa menjadi 1,5 gelas kemudian tambahkan satu sendok makan madu lalu aduk sampai rata. Minum secara perlahan untuk menyembuhkan difteri.

Mengecilkan Rahim

Biji pinang muda kaum wanita berkhasiat untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan, dengan cara ambil 4 buah pinang muda dipecah dan direbus dengan 2 gelas air tunggu sampai tersisa1 gelas, setelah dingin air rebusan diminum lakukan ini hingga rahim kembali ke bentuk normal.

Rabun Mata

Sebagai obat herbal buah pinang juga mengobati rabun mata. Dengan cara buah pinang muda langsung dikunyah dan airnya ditelan.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar