sUuEUHZDAnQE3BQEVuLEQxdQyEWaSh1hwhgC75Ld

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak

Curcuma xanthorrhiza Roxb ini termasuk ke dalam famili Zingiberaceae. Obat herbal ini dikenal dengan nama daerah temu labak, koneng gede, korbanga, ataupun tommo. Temulawak mempunyai kesamaan dengan kunyit karena daging umbinya yang berwarna kuning. Namun temulawak mempunyai ukuran lebih besar dan tekstur lebih kasar.
Temulawak (temu lawak) yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb
Seperti kebanyakan tanaman yang termasuk famili Zingiberaceae, Tanaman temulawak juga dikenal sebagai tanaman obat karena mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia yaitu minyak astiri. Minyak atsiri dalam temulawak mengandung zat xanthorizol, germaken, isofuranogermakren, allo aromadendren, trisiklin, ar-turneron, fellandren, kurkumin, turmerol, desmetoksokurkumin, glikosida, toluyl metil karbinol, kamfer, 1-sikloisoprenmyrsen, dan zat tepung.
Berikut ini beberapa manfaat temulawak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya:

1. Sakit maag

Rimpang dipotong kecil-kecil, direbus, dinginkan, minum airnya. Tau rimpang di blender dan disaring lalu diminum airnya.

2. Bau haid

Rimpang dipotong kecil-kecil dan tipis tambah asam jawa kemudian diseduh diseduh, dinginkan, minum airnya.

3. Melancarkan BAB

Rimpang dihaluskan bersama biji sesawi, beri air sedikit, peras, minum airnya.

4. Sakit limpa

Temu lawak 2 rimpang diparut, (lengkuas Alpinia galanga .L. Sw)1/2 rimpang diparut, daun meniran (Phyllanthus niruri )1 genggam, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih setelah dingin disaring lalu minum sehari sekali 1 cangkir.

5. Asma

1,5 rimpang Temulawak dibersihkan lalu diiris tipis-tipis lalu dikeringkan dan ditambah gula aren 1 potong kemudian direbus dengan 5 gelas air dan menjadi 3 gelas setelah dingin disaring lalu diminum dengan dosis sehari 2 kali 0,5 gelas.

6. Cacar air

1,5 Rimpang temulawak yang sudah diiris tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 1 liter air dan ditambah buah asam jawa satu tangkai sampai mendidih setelah dingin  saring, minum sehari 2 kali sehari 1 cangkir.

7. Sariawan

k 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan ditambah buah asam 3buah kemudian direbus dengan 2 gelas air dengan ditambahkan 1 butir gula aren. Saring lalu minum sehari 2 kali.

8. Bau badan

Rimpang 1 ditumbuk atau diparut kemudian direbus dengan 1 liter air. Saring, minum dengan dosis 2 kali sehari 1 cangkir.

9. Hepatitis, penyakit kandung empedu

Cara pertama : Rimpang 25 gram diiris tipis , ditambah air 500 ml kemudian direbus sampai tinggal 300 ml setelah dingin diminum sepanjang hari. cara kedua : dua jari rimpang temulawak  diparut lalu tambahkan 0,5 cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Aduk merata lalu diperas dan disaring. Minumlah dengan dosis 2 kali sehari sampai sembuh.

10. Nyeri Sendi dan Tulang (arthritis dan rematik)

Seduhlah dengan air mendidih 0,5-1 g ekstrak temulawak. Diamkan 5-10 menit kemudian minum.

Sekarang  tanaman herbal temulawak sudah banyak diolah dan dipasarkan dalam bentuk yang lebih modern seperti cream, serbuk, minuman kesehatan dan kapsul sebagai obat herbal Jadi kita tidak perlu repot lagi mencari dan meramunya.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar