sUuEUHZDAnQE3BQEVuLEQxdQyEWaSh1hwhgC75Ld

Efek Negatif Alkohol

Alkohol 

Alkohol  produk buah-buahan, biji-bijian , dan madu  yang difermentasi dengan menggunakan ragi unruk mengubah gula menjadi alkohol. Alkohol dalam dunia medis digunakan untuk berbagai keperluan seperti obat penenang , pembersihan, dan agen antiseptik .akan tetapi alkohol juga sering dipakai sebagai minuman  telah dikonsumsi oleh manusia mulai dari masa prasejarah .Minum minuman beralkohol  dapat menyebabkan keracunan dan mabuk .
Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam dosis tinggi menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang dan memberi efek  pada berbagai bagian tubuh seperti struktur tulang , darah , hati , lambung , pankreas , hati , jaringan perifer , dan mulut . Mengkonsumsi alkohol secara rutin  atau  dalam dosis tinggi menyebabkan kerusakan serius pada sistem saraf pusat .

Efek Jangka Pendek

  • Alkohol mempengaruhi sistem saraf dengan menghambat distribusi sinyal antara sumsum tulang belakang ke otak .Alkohol diserap oleh darah yang pada gilirannya mempengaruhi saraf yang memicu mati rasa .
  • Sistem saraf pada mausia dibedakan menjadi dua yaitu sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar. Sistem saraf yang bekerjanya secara sadar bertugas mengontrol pergerakan otot , sedangkan sistem tak sadar berfungsi mengontrol  denyut jantung dan sinyal-sinyal listrik yang menuju  dari otak melalui neuron. Jika seseorang mengkonsumsi alkohol secara rutin atau berlebihan maka mempunyai efek yang besar terhadap sistem saraf tak sadar.
  • Alkohol juga merupakan  depresan yang mempunyai efek menekan kinerja sistem saraf pusat  selain itu alkohol juga diketahui mampu  meningkatkan aktivitas ' gamma - aminobutyric acid ' ( GABA ) dan melemahkan ' glutamin ' .Akibatnya , koordinasi tubuh seseorang menjadi berantakan . Kurangnya koordinasi dan perilaku yang tidak terkendali adalah efek yang paling terlihat ketika seseorang mabuk .

Efek Jangka Panjang

Konsumsi jangka panjang dari alkohol dapat menyebabkan efek berbahaya .terutama menyebabkan membran sel yang bersifat semipermiabel menjadi tebal yang pada akhirnya sel dengan membran sel yang mengalami penebalan memberikan kontribusi dalam hal  melemahkan sistem saraf .
Seseorang yang mempunya tingkat toleransi yang tinggi  terhadap alkohol membuatnya lebih rentan terhadap berbagai macam infeksi, Konsekuensi berat seperti serangan jantung , stroke , dan berpotensi terjadi demensia.
Pengkonsumsi alkohol kronis atau orang yang sudah  kecanduan alkohol secara bertahap menyebabkan .
  • Gejala khas kecanduan yaitu  panik , gelisah , tremor , mual , dan gangguan tidur .
  • Alkohol juga akan merusak kedua lobus frontal , sementara mengurangi berat badan dan ukuran otot.
  •  Kecanduan alkohol akan membuat seseorang kekurangan vitamin . Alkohol menyebabkan tubuh gagal untuk menyerap vitamin B - 1 ( tiamin ) .Sindrom ini dikenal sebagai ' Wernicke encephalopathy ' yang menyebabkan kurangnya koordinasi , gangguan penglihatan , memori jangka pendek , dan kebingungan. Alkohol juga menunjukkan dampak dari formasi reticular , sumsum tulang belakang , korteks serebral , dan cerebellum. Alkohol akan larut dalam lipid yang memicu berbagai efek neurokimia. Timbuk efek neurokimia yang meningkatkan aktivitas neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin .
  • Alkohol juga meningkatkan produksi beta -endorphin , yang merupakan agen anti - nyeri .
·       Efek alkohol tergantung pada usia, jenis kelamin , kondisi fisik , dan faktor lainnya. Berikut ini adalah efek dari alkohol dalam berbagai dosis:
  • Konsumsi dalam jumlah  sedikit.                                                                                               Kuantitas rendah alkohol akan mengurangi ketegangan , melemaskan otot-otot , menurunkan refleks , dan juga mengurangi waktu reaksi dan koordinasi .
  • Konsumsi dalam  Medium.                                                                                                   Konsumsi Medium alkohol menyebabkan mengantuk dan perubahan suasana hati .
  • Konsumsi dalam jumlah banyak.                                                                                           Konsumsi alkohol yang tinggi menyebabkan kesulitan bernapas , bahkan kadang-kadang gagal napas , muntah , serangan panik , tidak sadar, kadang-kadang menyebabkan koma .
 Semoga paparan efek negatif alkohol secara singkat ini bermanfaat bagi kita semua.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar