sUuEUHZDAnQE3BQEVuLEQxdQyEWaSh1hwhgC75Ld

KHASIAT LIDAH BUAYA BAGI DIABET

Lidah buaya merupakan tanaman hias dengan nama ilmiah Aloe vera. Lidah buaya merupakan tanaman berbatang pendek yang sukulen, terutama pada daunnya. Tanaman sukulen adalah tanaman yang tumbuh lebat dengan daun membesar dan berair. Lidah buaya atau Aloe vera ini selain sebagai tanaman hias, tanaman ini mempunyai manfaat dan khasiat sebagai tanaman herbal, kini juga banyak dimanfaatkan oleh industri rumah tangga sebagai minuman instan, seperti manisan.

KANDUNGAN LIDAH BUAYA

Aloe vera mengandung cairan jeli atau lendir dan cairan kuning yang merupakan getah. Pada cairan jelinya kaya akan kandungan salisilat, antibakteri, zat antijamur, antibengkak, dan juga kaya akan vitamin, antikanker, mineral, dan enzim. Sedangkan pada cairan kuningnya mengandung aloin.

KHASIAT LIDAH BUAYA

Aloe vera biasanya dimanfaatkan sebagai pereda rasa sakit, memperhalus  kulit, menghilangkan jerawat, dan pasta gigi. Adanya kandungan asam salisilat pada lidah buaya menyebabkan  tanaman ini mempunyai khasiat dan manfaat sebagai obat luka mulai dari luka digigit serangga sampai dengan luka bakar, karena salisilat berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mati.

Khasiat lain dari Lidah Buaya adalah sebagai obat pencahar, dan bahan baku pembuatan  kosmetik, sehingga sering digunakan  oleh industri kosmetik seperti pada perusahaan scrub, shampo, lipstik, dll. Akan tetapi penggunaan sebagai obat pencahar pada ibu hamil dan menyusui tidak sarankan karena dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi baik pada saluran usus maupun lambung, serta dapat juga mengakibatkan kram perut. Berikut ini beberapa contoh ramuan obat tradisional alami yang menggunakan bahan dasar lidah buaya:

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK MENGOBATI DIABETES MELITUS (KENCING MANIS)

Resep Obat Diabetes Melitus 1

Bahan
Daun lidah buaya (Aloe vera) tebal dan besar
Air kapur sirih secukupnya
Air bersih
Air matang
Cara Membuat
ambil daun lidah buaya yang segar cuci hingga bersih kemudian  kupas kulitnya, potong-potong seperlunya kemudian  cuci lagi pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Masukkan ke dalam air kapur sirih dan  biarkan selama kurang lebih satu jam. Angkat dan tiriskan, kemudian bilas menggunakan air bersih, bilas sampai kapur sirihnya benar-benar hilang. Pembilasan  dilakukan pada air mengalir. Setelah itu lalu masukkan pada air yang sudah mendidih, biarkan hingga beberapa waktu lalu  angkat dan  tiriskan.
Tambahkan air matang, minum ramuan obat herbal ini. Lakukan secara rutin.


Resep Obat Diabetes Melitus 2

Bahan
Daun lidah buaya (Aloe vera) tebal dan besar
Garam dapur secukupnya
Air bersih 3 gelas
Air matang
Cara Membuat
Cuci hingga bersih, kemudian  kupas dan potong-potong seperlunya. Kemudian rendam di dalam larutan garam selama setengah  30 menit. Angkat dan remas-remas sambil  bilas menggunakan air bersih dan  bilas sampai beberapa kali pada yang air mengalir. Setelah itu rebus dalam tiga gelas air yang sedang mendidih biarkan hingga beberapa saat, angkat dinginkan.
Minum ramuan obat herbal ini 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak setengah gelas. Lakukan secara rutin.
 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar